Bola IndonesiaSepak Bola

Alasan Turki Dijadikan TC Piala Asia 2024

Alasan Timnas Pilih Turki Sebagai Tempat Pemusatan Latihan Jelang Piala Asia 2024

Kantorbola – Seperti berita yang sudah beredar sejak 20 Desember 2023 lalu Timnas Indonesia sudah menjalani TC di Antalya, Turki. Rencananya tim asuhan Shin Tae-yong itu akan berlatih di Turki sampai 6 Januari 2024 dan akan menggelar dua laga uji coba melawan Libya. Setelahnya Garuda akan terbang ke Qatar yang merupakan lokasi Piala Asia 2023 berlangsung.

Kendati demikian, Timnas Indonesia masih akan menjalani laga uji coba pada 9 Januari 2024 dengan melawan Iran. Barulah setelah itu skuad Garuda akan beraksi di Piala Asia 2023 yang digelar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Segala hal jelas telah dipersiapkan Shin Tae-yong sebaik mungkin untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia. Termasuk di antaranya pemilihan Turki sebagai lokasi para penggawa Timnas Indonesia berlatih.

Tentu Shin Tae-yong tidak tanpa alasan memilih Turki. Sebab ada berbagai faktor yang membuat pelatih asal Korea Selatan itu memilih Turki sebagai lokasi TC Timnas
Indonesia.

Alasan Utama TC Di Turki

Alasan pertama karena lokasi TC Timnas Indonesia yang berada di Huseyin Aygun Football Center, Titanic Deluxe Belek, Antalya, Turki memiliki fasilitas yang lengkap. Baik itu, lapangan, penginapan, makanan, hingga jauh dari perkotaan agar para pemain bisa fokus latihan.

Wakil Ketua (Waketum) PSSI, Zainudin Amali pun memuji keputusan Shin Tae-yong dalam memilih lokasi TC tersebut. Ia pun tertarik timnas kelompok umur yang lain untuk berlatih juga di Turki.

“Dan ternyata ketika pertama datang saya terkesan. Ternyata ini tempat untuk training camp bahkan untuk timnas negara-negara lain juga di sini. Jadi saya merasa bahwa pilihan Shin Tae-yong milih TC di Antalya cukup tepat. Saya kira ini sangat cocok dan baik,” kata Zainudin Amali dalam rilis PSSI, Selasa (26/12/2023).

“Tentu itu kembali ke pelatih. Karena pelatih yang paling tahu cocoknya di mana, kemudian momen apa yang harus dihadapi. Kami dari PSSI yang bisa kami lakukan adalah memfasilitasi dan dukungan,” tambahnya.

Fasilitas Lengkap TC Indonesia

“Jadi tidak tertutup kemungkinan tim usia lain kalau emang mau latihan di sini dan cocok, saya kira ini bisa. Lingkungan sekitar juga jauh dari perkotaan sehingga pemain fokus berlatih,” lanjut Zainudin Amali.

“Penginapannya juga baik, makanan luar biasa dan memenuhi unsur gizi. Saya kira ini sangat terpenuhi. Kita semua menunggu apa yang diinginkan pelatih nantinya,” imbuhnya.

Selain karena fasilitas, faktor cuaca juga berpengaruh. Sebab diprediksi cuaca di Turki tidak akan jauh beda dengan di Qatar, lokasi Piala Asia 2023.

Sehingga para pemain Timnas Indonesia bisa beradaptasi dengan cuaca saat berakis di Piala Asia 2023. Alasan lainnya juga karena lokasi Turki yang berada di Eropa, sehingga membuka jalan bagi PSSI menci lawan untuk laga uji coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *