Sepak Bola

FIFA Ancam Brazil Dibekukan Dari Semua Laga Internasional

FIFA Ancam Brazil Akan Dicoret Dari Semua Kempetisi Internasional

Kantorbola – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah melayangkan ancaman kepada Federasi Sepakbola Brasil (CBF) terkait keputusan mereka yang ingin menggelar pemilihan presiden baru. Menariknya CBF tampak tidak takut karena tetap memilih pemilihan tersebut.

Ancaman yang dimaksud FIFA adalah mencoret Timnas Brasil dari semua kompetisi, termasuk klub di liga negara tersebut tak bisa ikut kompetisi internasional. Jelas itu menjadi kabar buruk bagi Brasil.

Awal Masalah

FIFA dengan tegas tidak mentoleransi adanya campur tangan pemerintah dalam bentuk apa pun. Sebab, Pengadilan Rio de Janeiro telah memutuskan untuk mencopot Ednaldo Rodrigues dari jabatan presiden CBF dan memaksa diadakannya pemilihan umum dalam 30 hari.

Dalam suratnya, FIFA mengingatkan kepada CBF untuk mengelola urusannya secara independen tanpa ada intervensi dari pihak manapun. FIFA juga tidak mengakui mandate Jose Perdiz, selaku Presiden sementara CBF yang bersikeras menggelar pemilihan umum dalam waktu dekat.

Jika hal itu tetap dilakukan, maka FIFA akan dengan tegas menjatuhkan hukuman kepada CBF. Di mana nantinya, Timnas Brasil baik putra dan putri di semua kelompok umur tidak boleh tampil di kompetisi yang digagas FIFA. Hal itu juga berlaku pada klub.

“Asosiasi anggota FIFA harus mengelola urusan mereka secara independen dan tanpa pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga mana pun,” bunyi surat FIFA kepada CBF, dilansir dari Marca, Selasa (26/12/2023).

“Jika CBF pada akhirnya ditangguhkan oleh badan FIFA terkait, maka CBF akan kehilangan semua hak keanggotaannya dengan segera dan sampai skorsing tersebut dicabut oleh FIFA. Ini juga berarti bahwa CBF, tim perwakilan, dan klub tidak lagi memiliki hak. untuk berpartisipasi dalam kompetisi atau kompetisi internasional apapun saat ditangguhkan,” tutup pernyataan resmi FIFA.

FIFA dan CBF Adakan Pembicaraan

Dikabarkan, FIFA maupun CONMEBOL akan berkunjung ke Brasil untuk melakukan pembicaraan lebih dalam. Adapun jadwal pertemuan itu direncanakan terjadi pada awal Januari 2024.

Jose Pardiz pun merespons teguran FIFA. Akan tetapi, dia justru tetap bersikukuh akan menggelar pemilihan umum Presiden CBF yang baru.

“Dengan kepuasan dan rasa hormat kami menerima surat baru dari FIFA ini. Saya melihatnya sebagai tanda positif. Tetapi sebagaimana ditentukan oleh Pengadilan Tinggi Brasil, saya harus mengadakan pemilu dalam jangka waktu yang ditentukan. Tahap ini perlu dilakukan dengan memperhatikan kerangka hukum, sejalan dengan undang-undang Entitas itu sendiri dan FIFA,” ujar Jose Pardiz.

Seharusnya pihak CBF juga harus memperhatikan lebih dalam teguran keras dari FIFA ini. Mengingat, Timnas Brasil akan berlaga di Copa America 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada Juni 2024. Kemudian mereka juga masih akan tampil pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *